Habib Taufiq Assegaf: Tidak Boleh ada Upaya Untuk Menjatuhkan KH Said Aqil Siradj

- 8/04/2017

Habib Taufiq Assegaf: Tidak Boleh ada Upaya Untuk Menjatuhkan KH Said Aqil Siradj

 

Wartaislami.Com ~ Pada Ahad 24 Januari 2016, bertempat di Gedung Sekretariat Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, dilaksanakan seminar sehari dengan tema “Solusi Dinamika Islam Kekinian Di Indonesia dan Dunia”. Hadir sebagai narasumber pembicara tingkat nasional dan internasional, yaitu 1. KH. Said Aqil Siraj (Ketua Umum PBNU), 2. KH. Yahya Zainul Ma’arif/ Buya Yahya (Pengasuh PP. Al-Bahjah, Cirebon), dan 3. Habib Abu Bakar al-Adni bin Ali Al-Masyhur (ulama’ terkemuka Timur Tengah, Yaman). Seminar berlevel internasional yang dihadiri oleh Pengasuh Pondok Pesntren se Jawa-Madura ini, merupakan sebuah respon positif atas perbagai pemasalahan yang tengah dihadapi umat Islam saat ini.
Banyak tokoh ulama yang hadir pada acara seminar tersebut, antara lain; Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, KH. Ahmad Nawawi Abd Djalil, KH. Kafabihi Mahrus, Lirboyo Kediri, KH. Abdul Adzim Cholili, Bangkalan, KH. Muhammad Subadar, Besuk, Habib Taufiq Assegaf, dan lain-lain.
Pada saat sesi dialog tanya jawab, Ketua Umum Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil berkesemptan untuk memberi tanggapan tentang perkembangan Islam Liberal yang oleh Kiai Said Aqil Siradj akan diberangus sebagaimana komitmen beliau pada saat Muktamar ke-33 di Jombang.
Kemudian sesi yang sama, KH. Muhibbul Aman Aly menyatakan salah satu peserta seminar ada yang menanyakan perihal proses pemilihan dalam Muktamar NU. Dengan sigap, Habib Taufiq bin Abdul Qadir Assegaf langsung memutus dan menyatakan terpilihnya Kiai Said Aqil adalah kenyataan yang harus diterima dan tidak boleh ada upaya untuk menjatuhkannya.
“Kyai Said hadir sampai akhir acara. Pada waktu sesi tanya jawab, ada salah satu peserta yang mengungkit tentang proses pemilihan dalam muktamar. Habib Taufiq Assegaf langsung memutus dan menyatakan bahwa terpilihnya Kiai Said Aqil adalah kenyataan yang harus diterima dan tidak boleh ada upaya untuk menjatuhkannya. Namun sebagai muslim, kita wajib mengingatkan dengan santun jika ada yang keliru sebagai tanggung jawab ulama, mumpung masih ada kiyai sepuh”, ungkap KH Muhibbul Aman Aly yang akrab disapa Gus Muhib, alumni Pondok Pesantren Lirboyo Kediri.
Diharapkan pertemuan para ulama ahlussunnah wal jamaah ini dapat semakin memperkuat dan memperkokoh kekuatan Islam yang bersatu padu guna menuntaskan dan memberikan solusi terkini terhadap berbagai persoalan yang sedang dihadapi umat Islam dunia, terlebih di negara Indonesia. Tidak hanya sekedar basa basi aksi seremonial belaka di atas panggung tapi dapat diwujudkan dalam kehidupan nyata dalam bingkai Islam Ahlussunnah wal Jama’ah yang rahmatan lil ‘alamin.
(MusliModerat/ ppm aswaja


Source Article and Picture : www.wartaislami.com

Seputar Habib Taufiq Assegaf: Tidak Boleh ada Upaya Untuk Menjatuhkan KH Said Aqil Siradj

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Habib Taufiq Assegaf: Tidak Boleh ada Upaya Untuk Menjatuhkan KH Said Aqil Siradj