Mengetahui Keutamaan Puasa Ramadhan

- 6/27/2015

Mengetahui Keutamaan Puasa Ramadhan

 

Keutamaan Puasa Di Bulan Ramadhan

maha-suci-Allah-Subahanallah

DI bulan Ramadhan di wajibkan untuk umat islam berpuasa. Selain berpuasa dengan niat karena Allah SWT, kita juga harus tahu keutamaan puasa yang yang jarang di ketahui. Apa keutamaan-keutamaan puasa itu?

Keutamaan puasa itu sangat besar. Di antara hadis sahih yang menerangkan keutamaan-nya adalah bahwasanya puasa telah dikhususkan oleh Allah bagi diri-Nya, dan bahwasanya Dialah yang langsung memberikan pahalanya, dengan melipat gandakan pahalanya untuk orang yang berpuasa dengan tanpa batas. Hadis menyebutkan:

“Kecuali puasa, karena puasa adalah milik (bagi)-Ku dan Aku yang memberikan pahalanya.” (H.R. Al-Bukhari).

Dan sesungguhnya puasa itu tiada tandingannya, doa orang yang berpuasa tidak ditolak, orang yang berpuasa mempunyai dua kebahagiaan, yaitu apabila ia berbuka puasa ia gembira karenanya, dan apabila ia bertemu dengan Tuhannya ia bahagia karena puasanya, puasa dapat memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada orang yang berpuasa, di mana ia akan berkata,



Laporkan iklan?
“Wahai Rabb-ku, aku telah menghalanginya dari makanan dan syahwat di siang hari, maka izinkanlah aku memberikan syafa’at kepadanya”, dan sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah daripada harumnya minyak kasturi, puasa adalah perisai dan benteng yang paling kuat (yang mencegah) dari api neraka, dan barangsiapa yang berpuasa satu hari fi sabilillah niscaya Allah menjauhkan mukanya dari api neraka sejauh tujuh puluh tahun perjalanan, dan barang siapa berpuasa satu hari karena semata mengharap keridhaan Allah dan ia mati dalam keadaan berpuasa, niscaya ia akan masuk surga, di surga itu ada pintu yang disebut Rayyan, darinya orang-orang yang berpuasa masuk (surga) dan tidak seorang pun masuk lewat pintu itu selain mereka.

Sesungguhnya, Ramadhan merupakan pilar (rukun) Islam, Al-quran diturunkan di dalam bulan ini dan pada bulan ini pula terdapat Lailatul Qadar yang lebih baik dari pada seribu bulan. Apabila bulan Ramadhan tiba pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu. Puasa di bulan Ramadhan sama dengan puasa sepuluh bulan penuh.

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, niscaya dosa-dosanya yang telah lalu diampuni, dan Allah mempunyai banyak orang-orang yang dibebaskan (dari neraka) pada setiap berbuka.

Demikian keutamaan puasa bagi kita umat Muslim. semoga kita senantiasa mampu menjalaninya dengan penuh mengharapkan ridho Allah SWT.



 Judul Lain : 

 Keutamaan Puasa, Keistimewaan puasa, hadist tentang puasa ramadhan.


 Di Kutip Dari IslamPos
  




لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ
 "
Tidak ada Tuhan Selain Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan Pemelihara Langit Yang Tujuh 
dan Tuhan Pemelihara Arsy’ yang Maha Agung "

 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Seputar Mengetahui Keutamaan Puasa Ramadhan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengetahui Keutamaan Puasa Ramadhan