Doa bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ibu Bapa (Kedua Orang Tua) Dari Anak Sholeh

- 1/10/2017

Doa bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ibu Bapa (Kedua Orang Tua) Dari Anak Sholeh

 
Doa Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ibu Bapa – Ibu serta bapak merupakan orang tua yng telah melahirkan serta membesarkan kita. Beri sayang serta perhatian orang-orang sejak kita kecil sangatlah besar. Menjadikan telah menjadi keharusan bagi kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghormati serta berbakti kepada ibu bapak ataupun orang tua kita. Durhaka kepada orang-orang berdua merupakan suatu dosa besar serta pasti akan membuat hidup kita telah di dunia serta akherat.
Berdoa bagi atau bisa juga dikatakan untuk ibu bapak merupakan satu dari sekian banyaknya cara bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbakti kepada orang tua. Serta ini merupakan tanda sikap serta perilaku anak sholeh serta sholehah. Lantaran yang dengannya mendoakan kebaikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk orang tua berguna kita telah melaksanakan satu dari sekian banyaknya kewajiban kita bagi kedua orang tua kita serta ini Amat dianjurkan dalam agama kita. Andai orang-orang masih hidup, bukan cuma berdoa bagi atau bisa juga dikatakan untuk orang-orang saja, namun memperlakukan orang-orang yang dengannya baik merupakan keharusan.
Doa untuk Ibu Bapa (Kedua Orang Tua) Dari Anak Sholeh
Bagaimana andai orang tua kita telah meninggal? Berdoa bagi atau bisa juga dikatakan untuk ibu bapak yng telah meninggal pun diajarkan oleh Rasulullah SAW. Ada sebuah riwayat oleh Abu Daud dari Abu Usaid Malik, ia mengatakan, bahwasanya;
“Disaat kami sedang bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, tiba-tiba seorang laki-laki dari bani Salamah datang kepada beliau. Seorang Laki-laki bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah masih ada cara bagi atau bisa juga dikatakan untuk aku berbuat baik kepada kedua orang tuaku(bapak serta ibu) sesudah orang-orang meninggal?" beliau menjawab: "Ya. Mendoakan serta memintakan ampunan bagi atau bisa juga dikatakan untuk orang-orang, melaksanakan wasiatnya, menyambung jalinan silaturahim orang-orang serta memuliakan sahabat orang-orang."
Tidak sedikit yng menganggap hadis ini lemah secara sanadnya, akan tetapi matannya (isinya) mampu kita amalkan lantaran tak bertentangan yang dengannya al-Qur’an yng pun memerintahkan kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbuat baik kepada orang tua.
Baca pun: Doa Agar Selamat Dunia serta Akherat

Mari kita lihat dalam Al-Qur’an. Mendoakan orang tua adalah kewajiban kita menjdai orang yng shaleh, hal ini pun telah tercantum dalam potongan ayat sucu Al-Qur'an Surah Al-Isra :24 yng pengertiannya
"Serta ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah orang-orang keduanya, sebagaimana orang-orang berdua sudah mendidik aku waktu kecil".(QS: Al-isra :24)"
Serta ini dia doa singkat bagi atau bisa juga dikatakan untuk ibu serta bapak (kedua orang tua) lengkap bahasa arab, latin serta terjemahan yng tidak sedikit diantara kita telah hapal serta mengamalkannya;
اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا
Dalam goresan pena latin;
Allohummaghfirli Waliwaalidayya War Hamhumaa Kama Robbayaanii Shaghiira
"Pengertiannya : Wahai Tuhanku, ampunilah saya serta kedua orang tua saya serta sayangilah orang-orang sebagaimana orang-orang menyayangi saya diwaktu kecil"
Amat singkat serta malah anak-anak kita sejak TK telah tidak sedikit yng hapal doa bagi atau bisa juga dikatakan untuk orang tua ini. Akan tetapi agar bisa doa yng kita panjatkan cepat dijabah oleh Allah SWT ada baiknya kamu pun butuh mengetahui adab berdoa dalam islam.
Selain bacaan doa bagi atau bisa juga dikatakan untuk ibu bapak diatas, dalam al-Qur’an pun terdapat doa-doa yng ditujukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ibu bapak. Yang akan di sajikan kali ini beberapa doa bagi atau bisa juga dikatakan untuk orang tua dalam yng terkandung dalam al-Qur’an:
Doa Ibu Bapak رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ سورة نوح﴿٢٨﴾ ROBBIGHFIRLII WALIWAALIDAYYA
Ya Alloh ampunilah dosaku serta dosa kedua orang tuaku (QS.Nuh 28) رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِـيْراً سورة الإسراء﴿٢٤﴾ ROBBIR_HAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIROO dan kasihilah orang-orang berdua semisal orang-orang mengasihiku sewaktu kecil (QS. Al-Isro' 24)
Doa syukur nikmat serta kedua orang tua
رَبِّ أَوْزِعْنِيْ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ ROBBI AUZI'NII AN ASYKURO NI'MATAKALLATII AN'AMTA 'ALAYYA Ya Tuhanku, berilah aku pandangan baru bagi atau bisa juga dikatakan untuk tetap mensyukuri ni`mat-Mu yng sudah Engkau anugerahkan kepadaku
وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحاً تَرْضَاهُ WA'ALAA WAALIDAYYA WA AN A'MALA SHOOLIHAN TARDLOOHU serta kepada dua orang ibu bapakku serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengerjakan amal saleh yng Engkau ridloi
وَأَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ WA ADKHILNII BIRO_HMATIKA FII 'IBAADAKASH SHOOLI_HIIN ; serta masukkanlah aku yang dengannya rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yng saleh". (Q.S An-Naml juz;19 ayat;19 surat;27)
Doa syukur nikmat serta ibu bapak
رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ ROBBI AUZI'NI AN ASYKURO NI'MATAKAL LATII AN'AMTA 'ALAYYA "Ya Tuhanku, berilah aku pandangan baru bagi atau bisa juga dikatakan untuk tetap mensyukuri ni`mat-Mu yng sudah Engkau anugerahkan kepadaku” وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحاً تَرْضَاهُ WA'ALAA WAALIDAYYA WA AN A'MALA SHOOLIHAN TARDLOOHU “serta kepada dua orang ibu bapakku serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengerjakan amal saleh yng Engkau ridloi”
Demikian tadi bacaan doa bagi atau bisa juga dikatakan untuk ibu bapak kedua orang kita, mudah-mudahan kita salah satunya anak yng sholeh serta sholehah, serta tak tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk selalu mendoakannya. Lantaran doa anak shaleh kepada orang tua merupakan satu dari sekian banyaknya amalan yng tak akan putus sesudah meninggalkan dunia. Lakukan setiap habis sholat fardhu, agar bisa kelak disaat kita punya anak, anak kita pun mendoakan kita.

Source Article and Picture : khusus-doa.blogspot.com

Seputar Doa bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ibu Bapa (Kedua Orang Tua) Dari Anak Sholeh

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Doa bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ibu Bapa (Kedua Orang Tua) Dari Anak Sholeh