Sesuatu yang di sembunyikan-Sesuatu yang di sembunyikan Keistimewaan, Keutamaan & Mukjizat Ayat Kursi.

- 1/10/2017

Sesuatu yang di sembunyikan-Sesuatu yang di sembunyikan Keistimewaan, Keutamaan & Mukjizat Ayat Kursi.

 
Keutamaan Ayat Kursi - Tidak sedikit hal yng terkandung dalam ayat kursi serta tidak sedikit sesuatu yang di sembunyikan yng ada di dalamnya. Disebutkan dalam beberapa hadits Rasulullah Muhammad Saw, betapa banyaknya manfaat Ayat Kursi, keistimewaannya, khasiat serta mukjizatnya yng didapat oleh orang yng mau mengamalkannya.
Merupakan tak mungkin kita bisa mengungkap seluruh isi serta kandungannya. Yang akan di sajikan kali ini beberapa pemaparan ihwal keistimewaan ayat kursi.
Rahasia-Rahasia Keistimewaan, Keutamaan & Mukjizat Ayat Kursi.
KURSI, MAKNA DAN KEDUDUKANNYA.
Para Ulama memberikan makna “kursi” yng berbeda-beda, namun sebenarnya satu yang dengannya yng lain saling mengokohkan. Ada 4 penafsiran kata “kursi” yakni : 1. Kursi merupakan ruangan besar yng kapasitasnya melebihi langit serta bumi. 2. Kursi merupakan pemerintahan, kekuasaan & kerajaan Allah SWT. 3. Kursi merupakan ilmu lantaran ilmu mrupakan bagian dari Sifatullah. Yang dengannya ilmu Allah SWT mengatur mahluk yng diciptakan-Nya. 4. Kursi merupakan simbol dari betapa keagungan serta kebesaran Allah ST. Alhasil dari 4 penafsiran di atas bisa diambil kesimpulan bahwasanya ” Kursi adalah pondasi kebijakan /hukum Allah serta simbol dari kekuasaan-Nya. Serta ayat kursi adalah ayat yng memberikan petunjuk atas ketuhanan Allah secara mutlak”.
SYAFAAT, MAKNA & KEDUDUKANNYA.
Syafaat pengertiannya pertolongan, oleh lantaran itu pertolongan secara mutlak milik Allah SWT. Namun yang dengannya sifat Rahman serta Rahim-Nya Allah memberikan pertolongan bisa melalui beberapa wasilah diantaranya :
1. Melalui Rasulullah saw, secara khusus Allah memberikan syafaat kepada Rasulullah saw di era siapapun serta amal apapun tak bermanfaat bagi seseorang yakni dihari Yaumil Hisab. Yang dengannya izin Allah Rasulullah saw akan memberikan syafaat kepada umatnya yng punya masalah serta dosa besar. 2. Melalui amal sholeh. Amal yng dikerjakan yang dengannya benar serta lapang dada bisa menjadi penolong di era seseorang mengalami kesulitan hidup. 3. Melalui zikir serta bacaan. Kalimat thoyyibah, bacaan Al-quran, istighfar, tasbih serta zikir-zikir yng lain akan menjadi penolong di era seseorang dalam kesulitan, kesedihan serta kekalutan dalam hidup.
KEAGUNGAN KURSI ALLAH SWT.
Rasulullah saw mengatakan kepada Abu Dzar : Hai Abu Dzar, perbandinagn langit yng tujuh serta bumi yng tujuh yang dengannya ayat kursi itu bagaikan lingkaran yng diletakkan dipadang luas. Bumi serta langit ibarat lingkaran kecil serta ayat kursi merupakan padang luas membentang yng tak berujung. Perbandingan langit yng tujuh di gabung yang dengannya bumi yng tujuh serta kursi disatu sisi yang dengannya Arsyullah disisi lain bagaikan lingkaran dit engah padang luas. Keutamaan Arsyullah yang dengannya Kursi semisal keutamaan padang luas yang dengannya lingkaran kecil.
Baca pun Fadhilah Ayat Kursi bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kecerdasan, Kekayaan serta Keselamatan
Imam Ali Bin Abi Tholib mengatakan “Kursi Allah merupakan berlian serta pena (kalam) Allah pun berlian. Panjang pena percis yang dengannya perjalanan 70 tahun serta panjang kursi tak diketahui kecuali orang-orang yng diberi ilmu”.
Imam As-Suddy mengatakan : “Langit serta bumi ada di dalam Kursi yng di dekat Arsy. Para malaikat penjaga Arsy serta malaikat panjaga Kursi terhalang oleh 70 hijab kegelapan serta 70 hijab cahaya. Ketebalan setiap hijab percis yang dengannya perjalanan 500 tahun. Kalaulah tak ada hijab yang telah di sebutkan maka malaikat penjaga Kursi terbakar oleh cahaya malaikat penjaga Arsy”. Ikrimah mengatakan “Matahari adalah satu bagian dari 70 cahaya Kursi sedangkan Kursi adalah satu bagian dari 70 cahaya Arsy”.
BILANGAN DALAM AYAT KURSI.
Ketahuilah bahwasanya setiap bilangan yng ditentukan oleh Allah SWT memiliki nilai keberkahan yng luar biasa. Bilangan-bilangan yng sudah di tetapkan oleh Allah swt serta Rasulullah saw dalam banyak sekali keterangan sungguh Amat tidak sedikit serta seluruh itu terkait yang dengannya sesuatu yang di sembunyikan kebesaran Allah swt. Andai kita mengikutinya maka sesuatu yang di sembunyikan itu yang dengannya seizin-Nya akan terbuka, misalnya :
Alquran terdiri dari 144 surat, 6236 ayat, 77.437 kata serta 340.740 huruf, yang dengannya surat yng terpanjang merupakan surat Al-Baqoroh terdiri dari 286 ayat. Jumlah para Rasul 313 orang. Jumlah para Nabi 120.000 orang. Jumlah pasukan Perang Badar 313 orang, dll.
Begitu pun yang dengannya ayat kursi yng terdiri dari 9 anak kalimat sempurna, 50 kata, 187 huruf serta 236 karakter. Dalam suatu amaliyah ayat kursi mempunyai bilangan khusus yakni 1,3,7,9,11,41,70,99,100,187,236,300,313,333,777,1000,1707,4000 serta 70.000.
Akan tetapi dari Jumhur Ulama tidak sedikit yng merekomendasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengamalkannya sebanyk 1000x setiap siang serta malam. Tak ada orang yng mengetahui sebuah sesuatu yang di sembunyikan sebelum mengalami. Kalau dia mampu berbicara itu cuma sebatas kata orang. Tak ada orang yng mengalami kecuali sudah mengalami percobaan. Tak ada percobaan yang sukses kecuali di lakukan berulang-ulang.
TURUNYA AYAT KURSI YANG MULIA.
Betapa dahsyatnya mukjizat ayat kursi. Pada era di turunkan syetan bertabrakan, saling berbenturan lantaran kepanasan serta kebingungan. Ayat Kursi diturunkan kepada Rasulullah Muhammmad saw pada malam hari. Era itu pun Rasulullah saw memanggil Zaid Bin Tsabit bagi atau bisa juga dikatakan untuk menulisnya. Di riwayatkan oleh Muhammad Bin Al-Hanafiyah bahwasanya sesudah ayat kursi turun, seluruh berhala di dunia berjatuhan, seluruh malaikat bersujud, seluruh penguasa menjatuhkan wajahnya ke bumi, mahkota yng tersungging di kepala para pembesar berjatuhan, syetan berlarian kebingungan, bertabrakan, takut serta kepanasan. Lantas para syetan melapor kepada Iblis memberikan tahu keadaan dunia yng menggemparkan. Sang Iblis memerintahkan para syetan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari tahu apa penyebabnya. Maka para syetan berdatangan ke Madinah dimana Rasulullah saw tingggal disana. Orang-orang mendapatkan informasi bahwasanya “Ayat Kursi” sudah diturunkan Allah swt serta itulah penyebab utamanya.
DAHSYATNYA AYAT KURSI.
Ayat kursi dimulai dari lafaz Lafdzul Jalalah (Allah) serta diakhiri oleh Sifatullah (Al-’Azhiim). Ini menandakan bahwasanya ke hidup-an Perlu bersama Allah disaat hendak mengawali serta mengakhiri sesuatu. Sungguh menakjubkan wahai saudaraku ! betapa dahsyatnya ayat kursi . Semisalnya kita bisa bersenyawa dengannya maka ada jaminan oleh Allah SWT tak ada ketakutan, kegelisahan serta kesulitan.
Berikut takjubnya ayat kursi : - Saudara akan memperoleh apa yng saudara inginkan. - Saudara tak akan takut miskin lantaran ayat kursi akan menjadi sumber kekayaan. - Saudara tak akan takut kekurangan lantaran ayat kursi menjadi kecukupan. - Saudara tak akan takut musuh lantaran ayat kursi akan menghadirkan bala bantuan. - Saudara tak akan takut sendirian lantaran ayat kursi akan menjadi sahabat di manapun. - Saudara tak akan takut melarat lantaran ayat kursi menghadirkan kelimpahan. Saat ini marilah bangkitkan serta bangun gagasan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki hidup serta pancangkan semangat bagi atau bisa juga dikatakan untuk merubah nasib serta hidupkan harapan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadi orang yng sukses.
PAHALA MEMBACA AYAT KURSI.
Kebanykan kita-kita baru percaya sesudah melihat fakta. Padahal janji Allah serta fakta kebesaran-Nya tak selalu selamanya terlihat yang dengannya mata telanjang. Orang-orang yng hebat serta bermartabat tinggi orang-orang justeru lebih tidak sedikit melihat fakta yang sebenarnya yang dengannya mata hati bukan pandang-an mata lantaran mata hati dijamin kebenarannya. Kelompok ini dia yng tahu persis bahwasanya setiap perbuatan sebetulnya dibalas oleh Allah yang dengannya segera. Abu Abdillah mengatakan : ” Ayat kursi ini diturunkan oleh Allah Yng Maha Agung. Allah menjadikan pahala ayat kursi bagi yng membacanya. Pahala yng diberikan itu yang dengannya segera serta kelak. Adapun balasan yng disegerakan yakni bahwasanya ayat kursi akan melindungi orang yng membacanya dari macam-macam bencana “.
GUDANG KEKAYAAN ALLAH SWT.
Dari Ibnu Abbas mengatakan : Merupakan rasulullah saw andaikan membaca akhir Surat Al-Baqoroh serta ayat kursi selalu tertawa serta beliau bersabda ” Sebenarnya kedua ayat yang telah di sebutkan adalah gudang kekayaan Allah Yng Maha Pengasih yng ada di bawah Arsy “. Diriwayatkan dari Imam Abu hamid Bin Muhammad Al-Gozhali mengatakan ” Ayat kursi adalah ayat yng diberkahi, tak ada yng membukakan kesulitan, menyingkirkan bencana serta menghilangkan kesedihan lebih cepat daripada ayat kursi “. Saudaraku sungguh asma-Nya sumber dari seluruh kebaikan. Sifat-Nya merupakan samudera akhlak ke hidup-an seluruh makhluk-Nya. Ada satu ayat dalam Al-Qur’an yng tak terlalu panjang akan tetapi mencakup seluruh asma serta sifat-Nya, dialah Ayat Kursi. - Saudara jangan bertanya ” berapa luas ayat kursi ” lantaran luasnya tidak mampu dilihat yang dengannya ukuran panjang. - Saudara jangan bertanya ” apa isinya ” lantaran isinya tidak tertampung oleh langit serta bumi. - Saudara jangan bertanya “apa saja khasiatnya” lantaran khasiatnya luar biasa di karenakan Rasulullah saw membacanya seumur hidup bagi atau bisa juga dikatakan untuk banyak sekali masalah. - Saudara jangan bertanya “apa saja mukjizatnya” lantaran para nabi serta rasul, shiddiqin, wali serta pun abdush sholihin sudah memperlihatkan beraneka ragam mukjizat serta keajaibannya.
1. AYAT KURSI ( AYAT KEKUASAAN ).
Dinamakan Ayat Kursi lantaran di dalamnya ada kata “KURSI” . Di sebut dalam hadits bahwasanya ” Allah menciptakan Kursi yng dikelilingi oleh 7 langit serta 7 bumi. Kursi bagai sebuah lingkaran yng ada ditengah-tengahnya padang luas. Dikirinya ada 10.000 Kursi serta dikanannya pun ada 10.000. Diatas setiap Kursi ada malaikat yng duduk membaca Ayat Kursi & mencatat pahala orang-orang yng membaca Ayat Kursi. Allah pun memerintahkan pena bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencatat Ayat Kursi serta pahalanya. Barangsiapa yng melanggengkan membaca Ayat Kursi, Allah berikan pahala sebesar Ayat Kursi pada hari kiamat “.
2. AYAT AZHIMAH
Disebutkan dalam hadits dari Ubay bin Kaab mengatakan, Rasulullah saw bersabda ” Hai Abu Mundzir ayat azhimah (agung) apa yng telah anda hafal ? Dia menjawab ” Allah serta Rasul-Nya yng paling mengetahui. Rasulullah saw bersabda ” Ketahuilah bahwasanya Ayat Azhimah merupakan Allahu Laa Ilaaha Illa Huwal Hayyul Qoyyum. Dalam sebuah riwayat Rasulullah mengulanginya sebanyk 3 kali lalu menepuk dada Abu Mundzir.
Ar-Rabi’ bin Abdullah Al-Kalai mengatakan ” Seseorang bertanya pada Rasulullah saw, Wahai Rasulullah ayat mana yng paling agung dalam Al-Quran ? Rasulullah saw menjawab Ars, tak ada ” Dialah ayat kursi. Orang itu bertanya lagi ” Ayat apa yng paling menyenangkan bagi Rasul serta umatnya ? Rasul menjawab ” Akhir surat Al-Baqarah serta ayat kursi lantaran keduanya merupakan gudang rahmat yng ada dibawah kebaikan di dunia serta akhirat kecuali terkandung di dalamnya “.
Nabi saw bersabda : ” Sebenarnya ayat yng paling agung dalam Al-Quran merupakan Ayat Kursi. Barangsiapa yang membacanya Allah mengutus malaikat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menulis kebaikannya serta menghapus keburukannya hingga besok terhitung dari era dia membaca “.
Syaikh Ali Al-Buni mengatakan : ” Orang yng membaca Ayat Kursi akan di taati oleh mahluk yng ada disekitarnya . Tak satupun dari mahluk Allah yng membahayakan dirinya, baik berupa perkataan maupun perbuatan sepanjang tahun. Seorang pemimpin yng melanggengkan membaca Ayat Kursi dia akan ditaati pengikutnya “.
3. AYAT SAYYIDAH
Dari Abu Hurairah mengatakan Rasulullah saw bersabda ” Segala sesuatu pasti ada yng lebih unggul serta lebih tinggi. Sebenarnya yng lebih unggul serta lebih tinggi dari Al-Quran merupakan Surat Al-Baqarah. Serta di dalam Surat Al-Baqarah ada ayat yakni Penghulu Ayat-Ayat Al-Quran, dialah Ayat Kursi “. Rasulullah saw bersabda pada Sahabat Ali bin Abi Tholib
” Hai Ali penghulu kita-kita merupakan Adam, penghulu orang arab merupakan Muhammad, penghulu orang persia merupakan Salman, penghulu orang Rum merupakan (Yordan, Palestina, Siria serta Afghan) merupakan Suhaib, penghulu orang Habvbasyah merupakan Bilal, penghulu gunung merupakan Thursina, penghulu pohon merupakan Bidara, penghulu bulan merupakan Muharram, penghulu hari merupakan Jum’at, penghulu ucapan merupakan Al-Quran, penghulu Al-Quran merupakan Ayat Kursi. Didalam Ayat Kursi ada 50 kata serta setiap kata ada 50 keberkahan “.
Dalam hal ini Ad-Sailami mengatakan ‘ Barangsiapa yng melanggengkan membaca Ayat Kursi maka orang itu akan mendapatkan kemuliaan, jadilah ia menjdai penghulu diantara umat kita-kita. Maka bacalah yang dengannya langgeng sesuai yang dengannya bilangan kalimat ataupun hurufnya sehari-hari, Insya Allah akan memperoleh kemuliaan dalam diri “.
4. AYAT FADHILAH
Fadhilah pengertiannya keutamaan. Keutamaan merupakan anugerah yng paling indah. Orang yng diberi keutamaan derajatnya lebih tinggi. Orang yng mempunyai keutamaan posisinya jauh lebih baik serta terhotmat dari yng lain. Ayat Kursi disebut Ayat Fadhilah lantaran mempunyai keutamaan yng lebih dari ayat-ayat lain-lainnya. Keutamaannya tak cuma pada redaksinya yng mengagumkan serta kandungan yng menjadi asas kebijaksanaan Allah namun pun bagi orang yang membacanya. Para Ulama menyatakan kedudukannya percis yang dengannya 1/3 Al-Quran.
Dari Rabiah bin Harits mengatakan Rasulullah saw ditanya ” Wahai Rasul surat Al-Quran mana yng paling utama ? Rasulullah saw menjawab ” Surat yng di dalamnya disebut Al-Baqarah. Beliau ditanya lagi ” Ayat mana dari Surat Al-Baqarah yng paling utama ? Rasulullah saw menjawab ” Ayat Kursi serta akhir surat Al-Baqarah yng turun langsung dari bawah Arsy “.
Dikisahkan dari Al-Hasan bahwasanya seseorang memiliki saudara yng telah meninggal dunia. Pada suatu malam dia bertemu dalam mimpi serta terjadilah dialog. ” Saudaraku amal-amal apa yng paling mulia serta anda rasakan nikmatnya ? ” Tanya yng masih hidup. ” Al-Quran”, jawab yng telah wafat. ” Ayat Al-Quran mana yng paling utama ? “ ” Ayat Kursi “ ” Saudaraku adakah sesuatu yng anda sampaikan kepada kami yng masih hidup ? “ Dia mengatakan ” Benar sebenarnya anda seluruh masih bisa melakukannya namun anda tak tahu. Sedangkan aku telah tahu namun tak bisa melakukannya “.
5. AYAT SYARIFAH
Syarifah pengertiannya mulia serta berkedudukan tinggi. Kemuliaan Ayat Kursi ini dibuktikan oleh Allah yang dengannya dikeluarkannya dari Arsy serta turunya disertai pengawalan 70.000 malaikat. Tak seorangpun yng membaca Ayat Kursi kecuali malaikat datang mendengarkan serta berdiri menghormat padanya.
Abu Dzar Al-Ghifari bertanya kepada Rasulullah saw ” Wahai Rasullullah ayat Al-Quran mana yng paling mulia ? Rasulullah menjawab ” Ayat Kursi, langit serta bumi andai dibandingkan yang dengannya Kursi bagaikan mangkok yng diletakkan di padang tanah yng luas, dimana mangkoknya merupakan langit serta bumi sedangkan padang tanahnya merupakan Ayat Kursi. Semisalnya langit serta bumi serta seluruh yng ada di dalamnya dikumpulkan serta diletakkan dalam satu sisi neraca serta di sisi lain merupakan Ayat Kursi tentu masih berat timbangan Ayat Kursi “.
Syaikh Muhammad bin Asmuni dalam Tafsir Ayat Kursi mengatakan ” Zikir, mukjizatnya akan hadir sesuai yang dengannya inti serta makna kata yng dizikirkan. Ilmu, mukjizatnya akan hadir sesudah diamalkan. Bila zikir yng dibaca merupakan zikir mulia serta ilmu yng diamalkan merupakan ilmu mulia yakni Ayat Kursi maka Allah akan memberikan penghasilan yng berlimpah. Barangsiapa mengistiqomahkan Ayat Kursi maka dia akan dimuliakan, dihormati, serta disegani oleh orang-orang yng disekitarnya. Di sisi Allah tak diragukan lagi mendapatkan tempat yng Amat terhormat “.
6. AYAT DZARWAH
Dzarwah pengertiannya puncak yakni ujung tertinggi serta sesudahnya tak ada lagi. Ayat Kursi disebut Ayat paling Puncak lantaran tak ada lagi ayat yng lebih tinggi darinya. Ma’qql bin Yasar mengatakan, Rasulullah saw berasbda ” Al-Baqarah merupakan puncaknya Al-Quran serta puncaknya Al-Baqarah merupakan Ayat Kursi. Dalam setiap ayat turun bersamanya 70.000 malaikat serta Ayat Kursi dikeluarkan dari gudang kekayaan Allah yng ada dibawah Arsy lalu digabung yang dengannya Surat Al-Baqarah “.
Subhaanallaah………….! Bagaimana andai 70.000 malaikat yang telah di sebutkan mengaminkan doa orang yng istiqomah dalam membaca Ayat Kursi…..? BUKTIKAN KEAJAIBANNYA.
7. AYAT AL-FATAH
Ayat Kursi disebuat Ayat Al-Fatah lantaran ayat ini adalah awal dari seluruh ayat serta kemenangan dalam perjuangan. Tidak sedikit kemenangan yng dicapai oleh Rasulullah dalam menghadapi musuh musuhnya. Tidak sedikit jalan dibuka oleh Allah disaat Rasulullah menghadapi banyak sekali kesulitan. Rasulullah tak pernah berhenti berzikir Ayat Kursi.
Rasulullah saw bersabda ” Sebenarnya Allah SWT menciptakan mutiara putih. Serta mutiara itu sendiri diproses dari lendir kekuning-kuningan (tinta emas). Serta lendir itu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menulis Ayat Kursi. Allah bersumpah demi keperkasaan-Nya serta demi kekuasaan-Nya sebenarnya barangsiapa yng belajar Ayat Kursi serta tahu hak-haknya Allah akan membuka 8 pintu syurga untuk-nya, masuk pintu yng mana saja dipersilahkan “.
Ali bin Abi Tholib mengatakan ” Disaat terlaksana Perang Badar aku mendatangi Rasulullah ingin melihat apa yng dikerjakan. Sebenarnya Rasulullah bersujud serta mengucapkan ” Yaa hayyu Yaa qoyyum ” tak lebih dari itu,lalu aku meninggalkannya serta kembali ke medan perang. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng kedua kalinya aku datangi Rasulullah kudapati beliau masih sujud membaca ” Yaa hayyu Yaa qoyyum “. Berkali-kali aku datang serta pergi, Rasulullah tetap semisal itu, hingga Allah memberikan kemenangan yng gemilang “.
8. AYAT AN-NAMA’ ( AYAT PENGEMBANGAN )
Diriwayatkan oleh Aisyah, bahwasanya suatu hari ada seorang yng datang kapada Rasulullah saw serta mengadukan bahwasanya dirumahnya tdk ada keberkahan. Maka Rasulullah bertanya. ” Dimana anda menempatkan Ayat Kursi itu ? Tak ada makanan serta lauk pauk ataupun apapun pun yng anda bacakan Ayat Kursi kecuali Allah mengembangkan keberkahan makanan serta lauk pauk itu “.
Keberkahan cuma diberikan oleh Allah disaat membaca Ayat Kursi dalam seluruh bidang. Berkah adalah kebaikan yng tidak sedikit serta selalu bertambah. Tak seorang pun yng tak ingin mendapatkan keberkahan. Kita ingin berkah keluarga, anak serta cucu, harta, penghasilan, pekerjaan dll.
Saudara tentu pernah mendengar mukjizat Rasulullah disaat sedang menyiapkan parit bagi atau bisa juga dikatakan untuk mneghadapi kaum musyrikin dalam perang Khanzaq. Makanan yng tampak tidak banyak sebenarnya mampu mencukupi oleh sekian tidak sedikit para sahabat serta semuanya terasa kenyang.
9. AYAT MUQODDASAH ( AYAT YANG DISUCIKAN )
Muqaddasah pengertiannya disucikan lantaran para malaikat khususnya penjaga Arsyullah selalu menyucikannya.
Rasulullah saw bersabda ” Demi Zat yng jiwaku ada dalam genggaman-Nya sebenarnya Ayat Kursi ini memiliki 1 lidah serta 2 bibir. Para malaikat yng melindungi Arsy senantiasa menyucikannya “. ( H.R. At-Tirmidzi ) Ayat Kursi mempunyai 1 lidah serta 2 bibir pengertiannya Ayat ini bukanlah benda mati yng tak mempunyai kekuatan apapun. Ayat Kursi , andai diamalkan oleh orang yng beriman serta haqqul yaqin maka akan memberikan reaksi balaik yng maha dahsyat. Setiap huruf yng ada dalam Ayat Kursi dijadikan oleh Allah ada malaikat yng senantiasa menjaganya serta dia akan memberikan umpan balik kepada yng membacanya yang dengannya kekuatan yng lebih dahsyat lagi.
Ayat Kursi merupakan ayat yng disucikan oleh para malaikat. Kesuciannya menjadi poros yng bergerak menyucikan siapa saja yng mengistiqomahkannya. Orang-orang yng membacanya akan disucikan oleh Allah lantaran pada hakikatnya Ayat Kursi merupakan ayat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyucikan Allah yang dengannya pemurnian dalam tauhid Uluhiyah, Ubudiyah serta Rububiyah.
10. AYAT SHIFATULLAH ( AYAT SIFAT ALLAH ).
Disaat Rasulullah diperjalankan pada malam Mi’raj, beliau bersabda ” Aku melihat Lauhil ( papan besar ) disana ada 3 cahaya ditempat yng berbeda-beda. Lalu aku bertanya ” Ya Allah apa itu 3 cahaya ? ” Allah menjawab ” Itu merupakan tempat Ayat Kursi, Yasin serta Al-ikhlas “. Rasulullah bertanya ” Apa pahala Ayat Kursi ? ” Allah menjawab ” Ayat Kursi merupakan sifat-Ku, barangsiapa yng membacanya sekali saja dia akan melihat wajah-Ku di hari kiamat kelak, lalu Allah berfirman ” Wajah orang-orang yng beriman pada hari itu berseri-seri. Kepada Tuhannyalah orang-orang melihat. ( Q.S. Al-Qiyamah 22-23 ) “.
11. AYAT AT-TAUHID ( AYAT PEMURNIAN ALLAH ).
Ibnu Arabi mengatakan ” Kenapa Ayat Kursi disebut ayat yng paling agung ? Itu lantaran kandunganya yng Amat agung serta luar biasa. Didalamnya terkandung kalimat Tauhid ‘ Laa Ilaaha Illaa Huwa ‘. Kata rubah ” Huwa ” lebih dahsyat daripada lafzul jalalah ” Allah “. Zhamir ” Huwa ” pendapat dari ahli thoriqoh lebih dekat dihati serta yng Amat dekat lagi merupakan Zhamir ” Hu “. Malah Zhamir ” Hu ” itu sendiri merupakan inti dari hati “. Membaca Ayat Kursi percis yang dengannya mempertebal tauhid. Orang yng tauhidnya baik maka ada jaminan masuk syurga, dialah yng hidup serta mati berpegang pada kaliamat ” Laa Ilaaha Illallah “.
Diriwayatkan dari Ibnu Umar, dari Rasulullah saw bersabda ” Orang-orang yang mengucapkan ” Laa Ilaaha illallah ” tak akan pernah meninggal dunia dalam keadaan menderita, pun pada era dibangkitkan kembali “. Dari An-Nasaiburi, dari kakeknya mengatakan, dari Rasulullah saw, dari Jibril as mengatakan ” sebenarnya Allah berfirman ” Kaliamat laa ilaaha illallah merupakan perlindungan-Ku, barangsiapa yng masuk dalam perlindungan-Ku dia akan selamat dari siksa-Ku “.
12. AYAT AL-ISTIGHATSAH ( AYAT PERMOHONAN )
Dalam Q.S. Al-Anfal ayat 9 Allah berfirman ” Ingatlah disaat anda memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diprkenankan-Nya bagimu. Sebenarnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu yang dengannya 1000 malaikat yng datang berturut-turut “.
Dari Umar Bin Khatthab ra mengatakan ” Pada hari terjadinya Perang Badar, Rasulullag saw melihat sahat-sahabatnya yng cuma berjumlah 313 orang serta melihat kaum musyrikin yng jumlahnya 1300 orang. Maka Rasulullah saw menghadap kiblat,selendang serta sorbannya menempel dipundaknya, lantas berdoa ” Ya Allah penuhilah untukku apa yng sudah Engkau janjikan ! Andai hari Engkau hancurkan kelompok umat islam ini maka Engkau tak akan disembah di muka bumi bagi atau bisa juga dikatakan untuk selamanya “. Rasulullah terus menerus memohon pada Tuhahnya serta berdoa hingga selendangnya jatuh dari pundaknya. Abu Bkar mendatangi Rasulullah serta mengambil selendang itu serta dikembalikan kepundaknya sambil terus mengikuti dari belakangnya. Abu Bakar mengatakan ” Wahai Nabiyullah, cukuplah pengaduanmmu kepada Tuhan, Dia akan memenuhi apa yng dijanjikan kepadamu “.
Maka pada era itu turun wahyu Q.S. Al-Anfal ayat 9. Serta pada era petempuran terlaksana Allah menghancurkan kaum musyrikin. Dari kaum musyrikin terbunuh 70 orang serta 70 orang menjadi tawanan “.
Ayat Kursi disebut Ayat Istighotsah lantaran orang yng membacanya akan mendapatkan pertolongan Allah sebagaimana tertulis dalam Kitab Al-Firdaus Al-Khittab yng pengertiannya dari Qatadah, dari Rasulullah saw bersabda ” Barangsiapa yng membaca Ayat Kursi disaat memperoleh kesusahan maka Allah akan menolongnya “.
13. AYAT AL-ISTI’ANAH ( AYAT PETOLONGAN )
Diriwayatkan oleh Ibnu As-Sunni dari qatadah mengatakan bahwasanya Rasulullah saw bersabda ” Barangsiapa yng membaca Ayat Kursi serta akhir surat Al-Baqarah disaat memperoleh kesulitan maka Allah akan menghilangkan kesulitannya “.
Syaikh Ahmad Ali Al-Buni mengatakan ” Barangsiapa yng membaca Ayat Kursi sebanyk bilangan hurufnya ( 187 ) maka Allah akan memberikan pertolongan bagi atau bisa juga dikatakan untuk seluruh urusan, mengabulkan hajatnya, memberikan cahaya pesan yang tersirat dalam hatinya, menghindarkan dari segala marabahaya, meluaskan rizkinya serta memperolah apa yng dicarinya “.
14. AYAT AL-ISTI’ADZAH ( AYAT PEMBEBASAN )
Disebut Ayat Pembebasan lantaran yang dengannya membacanya Allah akan membebaskan serta menjaga dari segala jenis yng tak di inginkan.
Diriwayatkan oleh Ubay Bin Ka’ab ra mengatakan ” aku berada disebelah Rasulullah saw, disaat ada seseorang Baduwi datang serta mengatakan ” Wahai Naiyullah aku memiliki saudara yng sedang sakit “. Rasulullah bertanya ” Apa yng menimpanya ? Ajaklah dia kemari “. Orang itu lalu pulang serta membawanya menghadap Rasulullah. Lalu Rasulullah meletakkan tangannya, membaca Ta’awaudz, Al-Fatihah, 4 ayat pertama Surat Al-Baqarah, ayat Kursi, serta 3 ayat yang terakhir Surat Al-Baqarah, maka orang itu langsung berdiri seakan tak terlaksana apa-apa “.
15. AYAT AL-ISTIRJA ( AYAT PENGEMBALIAN )
Disebut demikian lantaran tidak sedikit orang yng sudah memperlihatkan kemujarabannya dalam mengamalkan yang dengannya bilangan khusus maka dia akan mampu kembali kepada kebenaran yng hakiki.
Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, bahwasanya Rasulullah saw disaat membaca Surat Al-Baqarah serta Ayat Kursi beliau tersenyum, lalu bersabda ” sebenarnya Ayat Kursi serta akrir Surat Al-Baqarah dikeluarkan dari gudang yng tersimpan di bawah Arsy, bila dibacakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk orang yng berbuat jahat, orang itu memperoleh balasan kejahatannya, orang itu akan kembali bertaubat serta tenang hidupnya “.
Bersambung ke tulisan atau artikel selanjutnya ihwal keistimewaan ayat kursi.

Source Article and Picture : khusus-doa.blogspot.com

Seputar Sesuatu yang di sembunyikan-Sesuatu yang di sembunyikan Keistimewaan, Keutamaan & Mukjizat Ayat Kursi.

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Sesuatu yang di sembunyikan-Sesuatu yang di sembunyikan Keistimewaan, Keutamaan & Mukjizat Ayat Kursi.