Keren, Ini Kenapa Syaikh Taufik Ramadhan Al Buthi Suka Kenakan Peci Hitam

- 2/19/2017

Keren, Ini Kenapa Syaikh Taufik Ramadhan Al Buthi Suka Kenakan Peci Hitam

 

Wartaislami.com ~ Syaikh Dr. Muhammad Taufiq Ramadhan al-Buthi adalah putera dari Asy-Syahid Syaikh Dr Muhammad Said Ramadhan Al Buthi rahimahullah. Beliau dikenal sebagai salah satu ulama ahlussunnah wal jamaah yang senantiasa menyerukan persatuan dan perdamain di tengah konflik Suriah. Saat ini beliau memimpin Ittihad Ulama Bilad Asy-Syam (Persatuan Ulama Negeri Syam) menggantikan kedudukan ayahandanya yang syahid.
Di bidang pendidikan, Syaikh Dr Muhammad Taufiq Ramadhan al-Buthi berhasil memperoleh gelar PhD bidang Fiqih dan Usul Fiqih di Universitas Damsyik dan telah aktif dalam Lajnah Al Fatwa di laman Nashem Al Sham bersama beberapa ulama lainnya yang berada di bawah pimpinan Syaikh Muhammad Said Ramadhan Al Buthi rahimahullah..
Mantan dekan Syariah di Universitas Damsyik ini tumbuh di kalangan keluarga ulama. Bukan ayahnya saja yang alim dan faqih bahkan kakeknya Syaikh Mulla Ramadhan rahimahullah juga dikenal sebagai ulama yang disegani di Syria. Dan Ahmad, putera Dr. Taufiq juga selalu bersama dengan Syaikh Al Buthi yang merupakan kakeknya dan mengikuti majelis beliau, hingga ketika terjadi pembunuhan terhadap Syaikh Al Buthi, sang cucu juga ikut terbunuh.
Satu hal yang menarik dari sosok Syaikh Dr Muhammad Taufiq Ramadhan al-Buthi dalam berpakaian terutama penutup kepalanya yang senantiasa mengenakan peci hitam khas Ulama Nusantara. Saat kunjungan beliau ke Indonesia pada Maret 2016 kemarin, Pendiri Center for Research and Islamic Studies (CRIS) Foundation Muhammad Najih Arromadloni, sempat bertanya kepada beliau mengenai kebiasaanya yang suka memakai peci hitam khas Nusantara.
“Kenapa Syaikh gemar mengenakan peci (hitam) khas Nusantara?”, tanya Muhammad Najih Arromaloni, sebagaimana tertulis dalam akun Facebooknya, (7/3/2016).
Syaikh Dr Muhammad Taufiq Ramadhan al-Buthi pun menjawab dan menceritakan bahwa sejak kecil kakek beliau berpesan agar selalu menjaga kepala untuk tetap tertutup. Dalam fiqh tradisional, keluar rumah dengan kepala terbuka akan menurunkan reputasi seseorang. Dan perkenalan Dr Taufiq dengan umat Islam di Asia Tenggara menanamkan kesan yang mendalam dalam hal karakteristik, termasuk terhadap peci. Beliau mengatakan bahwa peci hitam tersebut multifungsi (banyak fungsinya), nyaman dipakai, dan ringan dikenakan, serta sebagai dress code resmi.
Demikianlah alasan Syaikh Dr Muhammad Taufiq Ramadhan al-Buthi, ulama besar Syria yang acapkali memakai peci hitam di manapun berada, dikarenakan kekaguman beliau kepada umat Islam di Asia Tenggara ini. Tidak heran, saat kunjungan beliau ke Indonesia, banyak yang memberikah hadiah berupa peci hitam kepadanya.
Sumber: Elhooda.net



Source Article and Picture : www.wartaislami.com

Seputar Keren, Ini Kenapa Syaikh Taufik Ramadhan Al Buthi Suka Kenakan Peci Hitam

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Keren, Ini Kenapa Syaikh Taufik Ramadhan Al Buthi Suka Kenakan Peci Hitam