Bacaan Teks Sholawat Fatih, Arti serta Manfaatnya

- 1/10/2017

Bacaan Teks Sholawat Fatih, Arti serta Manfaatnya

 
Sholawat Fatih ataupun al-Fatih merupakan satu dari sekian banyaknya sholawat yng Amat istimewa. Yang dengannya mengamalkannya, insyaAllah kita akan memperoleh manfaat dari bacaan sholawat ini. Diantaranya merupakan Allah Taala akan memberikan keberkahan kepada kita, dimantapkan iman islam dan ihsan, terkabul segala hajat, tertolak segala mushibah, dijauhkan dari Sihir, syarrul ain serta thoun, penyembuh segala penyakit, hidup sehat afiat gemar ibadah memperoleh kekhusyuannya, rajin shodaqoh dan berakhlaqul karimah. Amin. Ini dia yng dipaparkan serta diijazahkan oleh Wong Alus di blognya.
Membaca sholawat Nabi merupakan perintah dari Allah SWT. Anjuran bagi atau bisa juga dikatakan untuk bersholawat ini ada dalam surah Al Ahzab ayat 56: Pengertiannya : “Sebenarnya Allah serta malaikat-malaikat-Nya bershalawat bagi atau bisa juga dikatakan untuk Nabi. Hai orang-orang yng beriman, bershalawatlah anda bagi atau bisa juga dikatakan untuk Nabi serta ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”
Bacaan Teks Sholawat Fatih, Arti dan Manfaatnya


Yang akan di sajikan kali ini bacaan sholawat al Fatih dalam bahasa Arab serta latin, pun pengertiannya:
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نِ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ, نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمَسْتَقِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ .
ALLOHUMMASHOLLI ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADINIL FATIHI LIMAA UGHLIQO WAL KHOOTIMI LIMA SABAQO NASHIRIL HAQQO BIL HAQQO WALHAADII ILAA SHIROOTIKAL MUSTAQIIMI WAALAA ALIIHI HAQQO QODRIHI WAMIQDAARIHIL ADZHIIMI.
Pengertiannya: “Ya Allah berikanlah Rahmat yng disertakan ta’zhim kepada penghulu kami Nabi Muhammad menjdai pembuka apa yng tertutup serta yng menutup sesuatu yng terdahulu, penolong kebenaran yang dengannya kebenaran yng memberikan petunjuk ke arah jalan yng lurus. Serta kepada keluarganya, sebenar-benar pengagungan padanya serta kedudukan yng agung.”
Dalam ijazahnya, beliau mengatakan bahwasanya sholawat ini dibaca 3 x secara istiqomah sesudah sholat fardu. Andai kamu belum hafal, mampu ditulis dulu serta dibawa disaat sholat, kelak dibaca usai sholat.
Baca pun : Wirid Waqiah Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Rezeki Berlimpah

Dalam tulisannya, beliau pun menyertakan riwayat wacana Sholawat Fatih ini. Ini dia riwayat sholawat ini:
Riwayat yng disebutkan Syekh Abu salim al-‘Iyasiy mudah-mudahan rahmat Allah selalu tercurah kepada beliau, beliau ini adalah ulama yng pertama kali membawa shalawat fatih dari mesir ke Maroko. Disaat sidi syekh Maulana al-Quthb Ahmad bin muhammad attijani Radhiyallahu Anhu diberikan peluang agung peristiwa akbar bertemu secara langsung yang dengannya Rasulullah shallallahu alaihi wa alihi wa sallam beliau mentalqinkan sidi syekh Ahmad.
Melihat kronologi datangnya shalawat fatih kepada sidi syekh Muhammad al-Bakri assiddiqiy Radhiyallahu anhu, sesudah beliau melakukan munajat selama 30 tahun, malah riwayat dari syaikh Muhammad Fathan Bin Abdul Wahid an-Nazhifiy menyebutkan munajat beliau selama 60 tahun. Dalam munajatnya, beliau memohon kepada Allah Taala agar diberikan redaksi shalawat yng mengungguli shalawat yng ada di alam. Menjadikan pada saatnya Allah Taala mengabulkan permohonan beliau datang dari alam ghaib menjdai tahqiq bahwasanya shalawat fatih bagian dari kalam qadim Allah sesuai yang dengannya firman Allah (innallaha wa malaikatahu yushollluna alan Nabiy).
Redaksi shalawat Allah serta para malaikat cuma mempergunakan kata shalawat sebagaimana dalam pernyataan ayat ( Innallaha wa malaikatahu yusholluna Alan Nabiy). Ini dia sebagian jawaban yng mengukuhkan bahwasanya shalawat fatih bagian dari kalamul qadim.
Pendapat dari syaikh Ahmad at-Tijaniy Ra shalawat Fatih tak memakai kalimat wa sallim lantaran shalawat Fatih bersumber dari Allah, bukan susunan yng dibuat oleh kita-kita. Lafazh-lafazh dalam shalawat al-Fatih adalah iqtibas (cuplikan) dari firman Allah dalam ayat-ayat al-Qur’an:
اللَّهُمَّ :
Diambil dari ayat
(دَعْوَاهُمْ فِيهَا سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ) (يونس: 10)
صَلِّ عَلىَ :
Diambil dari ayat
(اِنَّ اَللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِي يَا أَيّهَا اَلذِينَ آمَنُوا صَلُّواْ عَلَيْهِ وَسَلِّمُواْ تَسْلِيماً) (الأحزاب: 56)
سَيِّدِنَا :
Diambil dari ayat
(وَسَيِّداً وَحَصُوراً وَنَبِيئاً مِنَ اَلصَّالِحِينَ) (آل عمران: 39)
Dalam ayat yang telah di sebutkan, Allah menyebut Nabi Yahya yang dengannya sebutan Sayyid. Menyebut Rasulullah yang dengannya sebutan Sayyid merupakan lebih utama lantaran beliau merupakan Sayyid al-Khalq (pemimpin mahluk). Dalam sebuah hadis beliau mengatakan:
انا سيد ولد ادم ولا فخرArtinya:”Saya merupakan pemimpin kita-kita serta tak sombong.”

Demikian bacaan teks sholawat al Fatih yng mampu kamu hafalkan serta amalkan. Mudah-mudahan mampu menjadi amalan harian kita, disamping bacaan sholawat-sholawat yng lain yng masih ramai sekali ragamnya, serta seluruh demi menunjukan cinta kita kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Mudah-mudahan memberikan manfaat.

Source Article and Picture : khusus-doa.blogspot.com

Seputar Bacaan Teks Sholawat Fatih, Arti serta Manfaatnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Bacaan Teks Sholawat Fatih, Arti serta Manfaatnya