Kapan Waktu sholat Dhuha yng Paling Utama?

- 1/10/2017

Kapan Waktu sholat Dhuha yng Paling Utama?

 
Sholat dhuha merupakan merupakan satu sholat sunnah yng Amat dianjurkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dilaksanakan oleh setiap muslim. Keutamaan sholat dhuha telah tidak sedikit di bahas dalam beberapa goresan pena. Malah dalam tidak sedikit peluang di pengajian serta majlis-majlis ta’lim Suka dikaji masalah sholat ini. Malah lagi, ada kelompok masyarakat yng membentuk komunitas yang dengannya menamakannya menjdai majlis dhuha.
Kapan Waktu sholat Dhuha yang Paling Utama?
Selain kajian wacana keutamaan sholat dhuha, pun telah tidak sedikit dikaji wacana doa sholat dhuha, baik yng ditulis dalam bahasa Arab maupun goresan pena Latin dan terjemahnya. Kamu tinnggal cari saja di google pasti tidak sedikit yng menyajikannya.
Goresan pena di artikel ini tak akan membahas masalah itu, namun khusus membahas wacana kapan waktu sholat dhuha yng paling utama? Berikut ulasanya.
Shalat Dhuha memiliki tidak sedikit keutamaan, diantaranya mendapatkan ampunan dari Allah, mendatangkan rizki serta menolak kefakiran semisal dua hadits yang akan di sajikan kali ini : “Barangsiapa yng selalu mengerjakan shalat Dhuha pasti akan diampuni dosa-dosanya meskipun sebanyk buih di lautan. ” (HR. Turmudzi)
Baca pun : 5 Amalan Gampang Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Melancarkan Rejeki

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Shalat Dhuha itu mampu mendatangkan rezeki dan menolak kefakiran. Dan tak ada yng akan memelihara shalat Dhuha namun orang-orang yng bertaubat. ” (HR. Turmuzi dan Ibnu Majah, hadis hasan)
Waktu sholat dhuha cukup panjang, terbentang sejak matahari naik hingga condong ke barat. Berguna, di Indonesia, era sholat dhuha terbentang sepanjang beberapa jam sejak 15 menit sesudah matahari terbit hingga 15 menit sebelum masuk era dhuhur. Namun diantara era itu, ada era yng paling utama (afdhal) bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengerjakan sholat dhuha. Kapankah itu?
Era yng paling utama (afdhal) bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengerjakan shalat Dhuha yakni era matahari sudah mulai panas (dekat yang dengannya era selesainya Dhuha). Hal ini semisal kisah dari Al Qosim As Syaibani sebetulnya Zaid bin Arqam radhiyallahu ‘anhu lihat beberapa orang lakukan shalat Dhuha, lalu Zaid mengatakan : “Andaikan orang-orang tahu kalau shalat sesudah era ini lebih utama. Sebenarnya Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, ”Shalat beberapa Awwabin yakni era anak onta mulai kepanasan. ” (HR. Muslim 748). Awwabin berguna orang yng sukai kembali pada ketentuan Allah.
Beberapa ulama pun mengatakan : “Sholat pada era ini dikaitkan yang dengannya Awwabin lantaran biasanya pada waktu itu jiwa kita-kita cenderung bagi atau bisa juga dikatakan untuk istirahat. Namun orang ini memakai waktu itu bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan ketaatan dan menyibukkan diri yang dengannya melakukan shalat. Meninggalkan keinginan hati menuju ridlo Penciptanya. ” (Faidhul Qadir, 4/216).
Imam An-Nawawi memberikan : ulama madzhab kami (syafi’iyah) memberikan : “Waktu era matahari mulai panas yakni waktu yng paling utama bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan shalat dhuha, walau dibolehkan shalat mulai sejak terbit matahari hingga mendekati tergelincirnya matahari. (Syarh Shahih Muslim, 6/30)
Dalam Fikih Manhaji Imam Syafi’i dijelaskan kalau era paling baik itu ditandai yang dengannya padang pasir terasa panas dan anak unta beranjak.
Syaikh Musthafa Al Bugha dan empat ulama yng lain dalam Nuzhatul Muttaqin menerangkan : “Waktu shalat dhuha dimulai mulai sejak matahari beranjak tinggi sampai-sampai matahari mendekati posisi tengah. Akan tetapi, yng paling utama yakni waktu matahari meninggi dan sudah terasa panas. ” Jam berapakah yng disebut? Didasari penjelasan itu, era paling baik shalat Dhuha yakni sekitar jam 9 WIB bagi atau bisa juga dikatakan untuk DKI Jakarta, jam 8. 30 WIB bagi atau bisa juga dikatakan untuk Surabaya. Sedang daerah lain-lainnya tinggal menyesuaikan.
Yang dengannya banyak sekali keutamaan sholat dhuha, mari kita selalu istiqomah menjalankannya. Dan yang dengannya mengetahui era dhuha yng paling utama (afdhal), bila kita mempunyai pilihan waktu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjalankannya, mari laksanakan di waktu yang telah di sebutkan .

Source Article and Picture : khusus-doa.blogspot.com

Seputar Kapan Waktu sholat Dhuha yng Paling Utama?

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kapan Waktu sholat Dhuha yng Paling Utama?