Inilah Air Tajin yang Kaya Manfaat

- 7/28/2017

Inilah Air Tajin yang Kaya Manfaat

 

Wartaislami ~ Saat memasak nasi, terdapat air bekas rebusan beras yang kadang masih tersisa. Tidak jarang, orang-orang memilih untuk membuangnya karena dianggap tak lagi diperlukan.
Padahal, air bekas rebusan beras pada zaman dahulu sering dimanfaatkan oleh banyak masyarakat di Nusantara. Biasanya, air yang dikenal dengan sebutan air tajin ini dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak sebagai pengganti air susu ibu (asi).
Hal tersebut karena air tajin diyakini memiliki kandungan yang mampu melengkapi gizi serta kebutuhan tubuh bayi dan anak-anak lainnya. selain itu, air ini juga dapat memberi rasa kenyang karena adanya unsur karbohidrat.
Pakar beras yang juga merupakan peneliti pengolahan hasil pertanian, profesor Djoko Said Damardjati mengatakan pada dasarnya air bekas rebusan beras memiliki banyak zat dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. khususnya beras yang belum melalui proses sosoh atau dibersihkan hingga kulit arinya.
Kandungan yang ada dalam air tajin diantaranya adalah enzim, mineral, antioksidan, serta vitamin B dan E. Selain itu ada mikro selenium yang sangat bermanfaat untuk tubuh, khususnya bayi.
Menurut pria yang bekerja di Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan ini, kandungan dalam air tajin lebih mudah didapatkan saat memasak beras merah. Hal itu karena di zaman kini, beras putih yang ada di pasaran cenderung sudah melalui proses sosoh. Sementara, beras merah bisa dikatakan masih utuh, sehingga kulit arinya masih menempel.
“Banyak kandungan fungsional yang masuk ke dalam air tajin berasal dari lapisan terluar kulit beras. Jadi, jika sudah disosoh, manfaatnya banyak hilang dan yang tertinggal hanya karbohidrat,” ujar Djoko.
Pria yang merupakan lulusan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) ini menjelaskan dalam air tajin yang berasal dari beras merah terdapat 10 jenis enzim. Belum lagi kandungan antioksidan, vitamin B dan E yang jauh lebih banyak dibanding air tajin dari beras putih.
Selain baik bagi bayi dan anak-anak, air tajin juga sangat bermanfaat bagi orang dewasa. Menurut Djoko, formula dalam air tajin bisa membantu mengobati diabetes serta tekanan darah tinggi. Belum lagi, air ini bisa membantu memproduksi antibodi, yang menjaga sistem imunitas atau kekebalan dalam tubuh manusia.
Selain beras merah, Djoko menuturkan beras hitam juga sangat baik untuk diambil menjadi air tajin. Dalam air tajin yang berasal dari beras terkandung manfaat yang sedikit lebih banyak beras merah.
“Kandungan dalam tajin dari beras hitam hampir sama banyak dengan beras merah, tapi kelebihannya di sini terkandung zat yang mampu mencegah alergi kulit serta hipertensi,” kata Djoko.
Selain untuk kesehatan dalam tubuh, pria kelahiran 12 Mei 1948 memaparkan manfaat yang ada dalam air tajin. Manfaat ini khususnya untuk air yang berasal dari rebusan beras merah, hitam, maupun beras putih yang belum disosoh, serta bekatul.
Pertama adalah untuk kulit. Menurut Djoko, air tajin bisa merangsang regenerasi sel kulit, sehingga sangat baik bila digunakan sebagai masker wajah. Selain itu, terdapat kandungan dalam beras yang mampu menangkal sinar ultraviolet.
Karena itu air tajin cocok digunakan untuk menjadi sunblock. Djoko menuturkan, Anda hanya perlu memoleskan air tajin ke wajah setidaknya 15 menit sebelum bepergian ke luar rumah.
Air tajin juga dapat mencerahkan warna bibir yang kusam akibat berbagai faktor. Caranya, hanya perlu memoleskan pada seluruh bagian bibir satu hingga dua kali dalam sehari.
Kedua adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Air tajin terbukti dapat memberi rasa kenyang, namun dengan jumlah karbohidrat yang lebih sedikit. Karena itu, orang-orang yang tengah menjalani program diet, bisa mencoba mengkonsumsi air tajin sebagai pengganti asupan karbohidrat.
Djoko menuturkan semua manfaat air tajin hanya bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Bahkan, kebaikan air tajin selain untuk kesehatan tubuh dan kulit seperti yang disebutkan sebelumnya, adalah bisa menghindarkan anak dari autisme.
“Termasuk ibu hamil yang rutin mengkonsumsi air tajin dapat membuat anak dalam kandungannya terhindar dari autisme karena dalam air ini terkandung zat penetral dari segala macam zat berbahaya” ujar Djoko.
Djoko menjelaskan untuk menghasilkan air tajin yang berkualitas lebih bagus, sebaiknya masaklah nasi dengan cara manual atau tidak menggunakan rice cooker. Biasanya, orang-orang menggunakan panci untuk menanak beras hingga menjadi nasi.
“Satu yang perlu diperhatikan adalah takaran air lebih banyak. Jika ingin menghasilkan air tajin, Anda bisa memasukkan dua hingga tiga sendok beras dengan lima gelas air,” ujar Djoko.
Begitupun jika Anda menambah jumlah beras, Anda bisa menakar air sesuai dengan kelipatan yang ideal. Jadi, bila Anda ingin memasak nasi dengan 4 sendok beras, maka air yang digunakan merebus adalah 10 gelas.
Terlepas dari banyaknya manfaat dalam air tajin, bukan berarti kemudian air ini bisa menggantikan fungsi asi dan susu formula pada umumnya. Djoko menjelaskan, air ini hanya bersifat pelengkap untuk kebutuhan tubuh bagi bayi dan anak-anak.
“Perlu diketahui, meski banyak kandungan manfaat yang baik untuk tubuh khususnya bayi dan anak-anak, air tajin hanya melengkapi karena kandungan gizinya tetap jauh di bawah asi dan susu formula,” jelas Djoko.
Selain itu, mengingat masyarakat Tanah Air yang lebih memilih beras putih untuk dikonsumsi, Djoko menyarankan agar Anda benar-benar teliti sebelum memasak nasi. Di zaman kini, selain beras yang sudah lebih banyak melalui proses sosoh, tak sedikit juga yang mengandung pemutih.
Hal ini tentu sangat berbahaya, terlebih bila Anda juga ingin mengkonsumsi air tajin dari beras putih. Ia menjelaskan ada baiknya sebelum dimasak, rasakan aroma beras.
Bila terasa berbeda, Anda bisa melakukan pencucian beras sebanyak 2 hingga 3 kali. Setelah itu, beras dapat dimasak karena kemungkinan besar zat-zat pemutih yang berbahaya telah terbuang.
“Tetapi, karena sudah melalui proses pencucian yang banyak, zat fungsional dalam beras secara otomatis hilang. Biasanya yang tersisa hanya karbohidrat, jadi, tetap lebih disarankan untuk memasak beras merah atau hitam jika ingin mendapat air tajin yang baik,” jelas Djoko.
Source: www.republika.co.id via metroislam.com


Source Article and Picture : www.wartaislami.com

Seputar Inilah Air Tajin yang Kaya Manfaat

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Inilah Air Tajin yang Kaya Manfaat