Menag: Terdapat Ruh Islam Dalam Lima Butir Pancasila

- 7/31/2017

Menag: Terdapat Ruh Islam Dalam Lima Butir Pancasila

 

Wartaislami.com ~ Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan, terdapat ruh Islam dalam Pancasila. “Pancasila adalah sesuatu di mana Islam telah memberi ruh di 5 butirnya,” tegas Menag saat menjadi pembicara pada Silaturahim Nasional Kiai / Pimpinan Pesantren Alumni Gontor, dalam rangka Kesyukuran 90 Tahun Gontor, di Kota Tangerang, Banten, Sabtu (23/01/2016).
Dalam Silatnas yang dihadiri lebih kurang 250-an kiai/pimpinan pesantren alumni Pondok Gontor tersebut, Menag berbicara tentang Santri dan Sikap Kenegaraan. Menag melihat, Pancasila merupakan sebuah rumusan dasar, komitmen muslim untuk menjalani kehidupan sehari-hari dalam berbangsa dan bernegara.
Menag menegaskan, Indonesia adalah negara yang besar, plural dan majemuk, baik masyarakatnya, flora-faunanya, hingga keyakinannya. Semua hal di atas, merupakan berkah tak ternilai dari Tuhan, Allah Swt “Indonesia bukan negara agama, bukan pula negara sekuler. Meski demikian, jika melihat konstitusi kita, nilai-nilai agama sangat mewarnai kehidupan kita,” terang Menag.
“Dalam Pembukaan UUD 45, (disebutkan) Bahwa atas berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa.. di situ ada intervensi Tuhan, Indonesia bisa merdeka. Dalan peradilan pun ada peradilan agama, bahkan dalam pendidikan juga,” tambahnya.
Terkait santri, Menag meyakini, seorang santri sejati mempunyai beberapa ciri, yakni: moderat, rendah hati, dan tidak menopoli kebenaran. Menurutnya, santri sangat mencintai Tanah Airnya. (G-penk/mkd/mkd/kemenag)
Sumber :muslimedianews.com

Source Article and Picture : www.wartaislami.com

Seputar Menag: Terdapat Ruh Islam Dalam Lima Butir Pancasila

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menag: Terdapat Ruh Islam Dalam Lima Butir Pancasila