Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat ataupun al-Makhturat)

- 1/10/2017

Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat ataupun al-Makhturat)

 
Doa al-Ma’tsurat yng dalam bahasa Arab المأثورات merupakan doa-doa yng berasal dari Nabi Muhammad SAW yang dengannya sanad yng shahih. Doa-doa Ma’tsurat ataupun Suka ditulis yang dengannya doa al-Mathurat ataupun ada yng menuliskannya yang dengannya al-Makhturat, meski penulisan ini salah dari sisi transliterasi. Akan tetapi mungkin yng dimaksudkan merupakan percis. Doa al-Ma’tsurat ini Amat dianjurkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibaca pagi serta sore hari.
Apa fadhilah ataupun keutamaan membaca doa-doa al-Ma’turat ini? Insya Allah yang dengannya istiqomah membacanya pagi serta sore, kita akan mendapatkan ketenangan , ke tenteram serta kenyamanan dalam hati. Apapun yng dihadapi hari itu tak akan membuatnya menjadi gelisah serta galau pada dirinya.
Serta yang akan di sajikan kali ini beberapa fadhilah serta manfaat membaca doa al ma’tsurot yng diambil dari beberapa riwayat:
Diriwayatkan dari Sya’bi dari Ibnu Mas’ud R.A, “ Barang siapa yng membaca 10 ayat dari surat al Baqarah di rumah, setan tak masuk ke rumah yang telah di sebutkan malam itu sampai-sampai pagi hari, empat ayat yng pertama, ayat kursi, serta dua ayat setelahnya, serta penutupnya ( tiga ayat yang terakhir). (HR.Thabrani )
Dari Abdullah bin Hubaib mengatakan: Rasulullah saw bersabda kepadaku, “ Bacalah Qul huwallahu ahad’, serta mu’awwadzataini ( qul a’udzubirabbil falaq..serta qul a’udzubirabbinnas..) disaat pagi serta sore tiga kali, cukup untukmu segala sesuatu.’(HR.abu Dawud serta Turmudzi )
Merupakan Nabi saw, andai masuk sore hari membaca : “ Amsaina Wa amsalmulku lillah….serta andai masuk pagi hari beliau membaca: ashbahna wa ashbahal mulku lillah..( HR.Muslim ) Dari Abdurrahman bin Abza dari Nabi saw, bahwasanya beliau membaca ‘ asbahna ‘ala fitratil islam…( HR.Ibnu Abi Syaibah serta Ahmad)
Keutamaan membaca al ma’tsurot lain-lainnya merupakan sebagaimana yng diriwayatkan Dari Ibnu Abbas ra. Mengatakan, Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa yng mengucapkan disaat pagi hari, ‘ Allahumma inni asbahtu minka fi ni’matin….’ tiga kali disaat pagi hari serta tiga kali disaat sore, Allah menyempurnakan nikmatnya atasnya.” (HR.Ibnu Saunni)
Dari Abdullah bin Ghannam al-Bayadhi, sebenarnya Rasulullah saw, bersabda,” Barang siapa yng membaca disaat pagi ‘ Allahumma maa ashbaha bii min ni’matin au bi ahadin min khalkika falakal hamdu walakasyukr’ sungguh sudah menunaikan syukur hari itu, serta siapa yng membaca pada sore hari, sungguh sudah menunaikan syukur malamnya.” ( HR.Abu Dawud)
Dari Tsauban ra. Mengatakan rasulullah saw bersabda,” Barang siapa yng mengucapkan disaat sore hari ‘ radhitu billahi rabba wabil islami diina wabi muhammadin nabiyya…merupakan hak atas Allah bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadikan dia ridha.” ( HR.Turmudzi)
Ibnu Abbas mengatakan Rasulullah saw. Keluar dari (menemui) Juwairiyyah, serta dia berad di mushalanya, serta beliau kembali sedang juwairiyyah masih di mushallanya. Kemudian Rasulullah bersabda,” Engkau tidak henti-hentinya di mushollamu ini. “ Dia menjawab, “ya. Beliau bersabda,” Sungguh aku sudah mengucapkan empat kalimat tiga kali kalau ditimbang yang dengannya apa yng engkau katakan niscaya lebih berat dari yng engkau ucapkan, “ Subhanallahu wabihamdihi ‘adada kholqihi…”(HR.Muslim).
Dari Utsman bin Affan ra. Mengatakan, Rasulullah bersabda,”Tak ada seorang hamba membaca pada pagi hari sehari-hari serta pada sore hari setiap malam, “ Bismillaahi lladzi laa yadzurru m’asmihi syai’un……’ tiga kali maka tak ada satupun yng membahayakannya.”(HR.Abu dawud serta Turmudzi).
Dari Abi Sa’id al-Khudri mengatakan, beliau bersabda,”Katakanlah andai engkau masuk pagi serta di sore hari “ Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal hazani, wa a’udzubika minal ‘ajzi wal kasali…..’ Ia mengatakan,” maka aku lakukan hal itu kemudian Allah menghilangkan kesusahanku serta menunaikan utangnya.”(HR.Abu Dawud).
Dari Abdurrohman bin Abi Bakrah dia mengatakan kepada bapaknya,”Wahai bapakku, sungguh aku mendengar engkau berdoa setiap pagi : ‘ Allahumma ‘aafini fi badani ….’engaku ulang tiga kali setiap pagi serta sore, serta engkau pun mengucapkan ‘ Allahumma inni a’udzubika minal kufri wal faqri…’ engkau ulang tiga kali tiap pagi serta sore. ‘ dia mengatakan.” Ya wahai anakku, aku mendengar Nabi saw berdoa dengannya, serta aku ingin mengikuti sunnahnya.”(HR.Abu Dawud, Ahmad, serta Nasai).
Dari Nabi saw, “ Penghulu istighfar merupakan Allahumma anta rabbi…’barangsiapa membacanya di siang hari yakin dengannya, lantas mati hari itu sebelum sore hari maka dia salah satunya ahli surga, serta siapa yng membaca pada malam hari yakin dengannya lalu ia mati sebelum pagi hari, maka dia salah satunya ahli surga,”(HR.Bukhari)
Dari Abu Ayyasy, sebenarnya Rasulullah saw, bersabda, ‘Barangsiapa yng mengucapkan disaat pagi hari ‘ laa ilaaha illallah….merupakan baginya sebanding memerdekakan budak dari putra Isma’il, ditulis untuk-nya sepuluh kebaikan, dihapus sepuluh kesalahan, diangkat sepuluh derajat, serta dia dalam penjagaan dari setan sampai-sampai sore, serta andai ia baca disaat masuk sore maka baginya semisal itu juga.’(HR.Abu Dawud, Nasa’i, serta Ibnu Hibban).
Serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu pembaca menghafalkan doa-doa al-Ma’tsurat ini (al-Mathurat, al-Makhturat) akan admin postingkan urutan bacaan doa al-Ma’tsurat yng disusun oleh Imam Hasan al-Banna yang akan di sajikan kali ini:
Bacaan Doa Al-Ma’tsurat (al-Mathutat/al-Makhturat)
Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)

Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)


Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)
Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat) Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat) Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)
Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)

Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)
Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)
Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat atau al-Makhturat)












Demikian doa-doa al-Ma’tsurat dari Rasulullah SAW yng mampu kamu amalkan serta dibaca setiap pagi serta sore. Mudah-mudahan memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kita seluruh. Andai ada pertanyaan silahkan isi kotak komentar, insyaAllah akan kami bantu andai kami mampu.

Source Article and Picture : khusus-doa.blogspot.com

Seputar Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat ataupun al-Makhturat)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Fadhilah Membiasakan Baca Doa-Doa Al-Ma’Tsurat (al-Mathurat ataupun al-Makhturat)