Doa Menghadapi Ujian Nasional (UN) Agar Berhasil serta Lulus

- 1/10/2017

Doa Menghadapi Ujian Nasional (UN) Agar Berhasil serta Lulus

 
Doa Ujian Nasional - Hari-hari ini sampai-sampai beberapa minggu kedepan merupakan hari-hari yng penuh perjuangan bagi anak-anak kita yng sedang sekolah. Baik di tingkat SMA, SMP maupun SD. Lantaran orang-orang akan menempuh Ujian Nasional yng nilainya kelak akan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Andai nilainya tidak jelek alias bagus, tentu akan gampang bagi orang-orang memilih sekolah ataupun Perguruan Tinggi (PT) yng dimau-kan.
Beberapa sekolah umumnya mengadakan acara doa bersama menjelang Ujian Nasional yang dengannya mujahadah ataupun apalah namanya, yng terang menjdai ikhtiar batin memohon kepada Allah SWT agar para siswanya diberi kemudahan dalam menghadapi Ujian Nasional. Lantaran menjdai kita-kita kita tak cuma mengandalkan bisnis lahir saja, melainkan sesudah itu kita Perlu tawakkal kepada Allah serta menyerahkan hasil nya kepadaNya.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk para siswa yng akan menempuh ujian nasional, telah anda sekalian siap secara lahir? Andai telah saatnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempersiapkan batin anda sekalian yang dengannya doa sebelum ujian. Karena doa ini menjadi hal yng Amat penting , agar bisa segala ilmu kita berguna serta mendapatkan ridha dari Alloh Subhannahu wa Ta'ala menjadikan kita senantiasa berada dalam Naungan-Nya menjadikan diberi kemudahan serta kemanfaatan.
Baca pun : Doa Puasa Senin Kamis (Niat Puasa serta Doa Berbuka Puasa)

Mintalah doa kepada kedua orang tua serta pun siapa saja yng kamu jumpai, makin tidak sedikit yng mendoakan makin baik. Meminta doa kepada orang-orang mudah-mudahan langkah dalam menempuh ujian di mudahkan Oleh Alloh Subhannahu wa Ta'ala serta serta tergenggam hasil yng gemilang.. Ada beberapa amalan doa sebelum ujian yng mampu di lakukan, agar diberi kemudahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengingat-ingat apa yng telah dipelajari. Yang akan di sajikan kali ini amalannya:
1. Biasakanlah berdzikir selesai Shalat serta bacalah Asma-ul Husna semisal berikut: يَا مُبْدِئُي يَا خَالِقُ (Ya Mubdi”u Ya Kholiqu) sebanyk 100 kali sehari-hari sesudah shalat
2. Lantas membaca kalimah:
Doa Menghadapi Ujian Nasional (UN) Agar Sukses dan Lulus
Allahummaj’al nafsi mutmainnatan tukminu biliqoika wataqna’u bi’athoika watardho biqodhoika sebanyk 3 kali.
Ya Alloh jadikanlah hatiku hati yng tenang yng yakin akan bertemu denganMu, yng puas yang dengannya pemberianMu serta rela yang dengannya ketentuan-Muatau
Diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud apa yng ia dengar dari Rasulullah SAW ihwal sabda beliau : "Siapa yng takut tidak ingat Al Quran sesudah menghafalnya serta ilmu sesudah mempelajarinya hendaklah ia mengucapkan:
Alloohumma nawwir bil kitaabi bashoriiwasyrohbihi shodriiwasta'mil bihi badaniiwa ath'liq bihi lisaaniiwa qowwii bihi janaaniiwasyrohbihi fahmiiwa qowwii bihi 'azmiibihaulika wa quwwatika fa innahu laa haula wa laa quwwata illa bika Yaa Arhamar Roohimiin.
Pengertiannya: Ya Alloh, sinarilah penglihatanku yang dengannya kitab ini, lapangkanlah dadaku dengannya, pekerjakanlah tubuhku dengannya, lancarkanlah lidahku dengannya,kuatkanlah hatiku dengannya, gamblangkanlah pemahamanku dengannya, kuatkanlah azamku dengannya, yang dengannya daya serta kekuatanMu. Sebenarnya tidak ada daya serta kekuatan kecuali yang dengannya (pertolongan)Mu. wahai Dzat yng Amat berbelah beri.
Diantara doa yang telah di sebutkan diatas Lantas Rosululloh Sholallohu 'alaihi wa sallam pernah memberikan tuntunan bagi orang-orang yng ingin Hafist Alqur'an.Ibnu Abbas r.a. mengatakan: "Saya pernah bersama Rasululloh Sholallohu 'alaihi wa sallam., lalu Ali r.a. mendatangi Rasululloh saw. serta mengatakan, "Ya Rasululloh, saya korbankan ibu serta ayah saya atasmu. Saya berupaya menghafal Al Qur'an akan tetapi selalu tidak ingat serta menghilang dari ingatan saya." Beliau bersabda, "Akan aku ajarkan kepadamu satu cara yng akan berguna kepadamu serta apa yng anda adukan, serta apa saja yng anda pelajari akan terpelihara dalam ingatanmu."
Terhadap permintaan Ali itu, selanjutnya Nabi saw. bersabda, "Andai malam Jum'at tiba, hendaklah anda bangun pada akhir malam. Lantaran itu merupakan waktu yng Amat baik. Pada era itu malaikat turun, serta pada era itu doa-doa dikabulkan secara khusus oleh Alloh. Itulah waktu yng ditunggu-tunggu oleh Nabi Ya'kub a.s.. Ia mengatakan kepada anak-anaknya, "Sebentar lagi akan aku mintakan ampunan bagi anda sekalian dari Tuhanku (yakni pada malam Jum'at)." Andai anda sulit bangun pada waktu itu, maka bangunlah pada pertengahan malam, serta sholatlah empat rakaat yang dengannya peraturan demikian: sesudah membaca Al Fatihah, bacalah surat Yaa Siin. Di rakaat kedua sesudah membaca Al Fatihah bacalah surat Ad Dukhaan, serta di rakaat ketiga sesudah membaca Al Fatihah, bacalah surat Alif Lam Mim Sajdah. Di rakaat keempat sesudah membaca Al Fatihah bacalah surat Al Mulk. Sesudah membaca At Tahiyat, perbanyaklah memuji Allah lalu bershalawat serta bersalamlah kepadaku. Pun kirimkan shalawat kepada para Nabi serta seluruh kaum mukminin, serta kepada saudara-saudara seiman yng telah tak ada lagi, bacakan istighfar bagi atau bisa juga dikatakan untuk orang-orang.
Sesudah itu bacalah doa ini:
Doa Menghadapi Ujian Nasional (UN) Agar Sukses dan Lulus
Allohummarhamnii bi tarkilma'ashii a-badan maa a-bqoitaniiwarhamnii an a-takallafa malaa ya'niinii wazuqnii husnannadhori fiimaa yudliika 'anniiAllohumma badii'assamaawaati wal ardli dzaaljalaali wal ikroom,wal 'izzatillatii laaturoom, As-aluka Yaa Allohu Yaa Rohmaanu, bi jalaalika wanuuri wajhika an tunawwiro bi kitaabika bashoriiWa antuthliqo bihi lisaanii, wa antufakho bihi 'anQolbii wa an tasyroha bihi shodrii, wa antaghsila bihi badanii, fa innahu la yu'iinunii 'alal haqqi ghoiruka, walaa yuutiihi illa anta, walaa haula walaa quwwata illa billahil 'aiyyil 'adhiim.
Pengertiannya:
"Ya Alloh, kasihanilah aku yang dengannya meninggalkan maksiat selama Engkau mengekalkan aku serta kasihanilah aku dari menanggung sesuatu yng tak bermanfaat bagiku. Berilah aku rezeki berupa pandang-an yng baik pada sesuatu di mana Engkau ridha kepadaku. Ya Allah, pencipta langit serta bumi, yng mempunyai keagungan, kemuliaan, serta kejayaan yng tak bisa dibayangkan. Aku memohon kepada Engkau, ya Allah, Dzat Yng Maha Pengasih, yang dengannya keagunganMu serta cahaya WajahMu, mudah-mudahan Engkau menetapkan dalam hatiku hafalan terhadap kitabMu, sebagaimana Engkau sudah mengajarkan kepadaku. Berilah aku rezeki bagi atau bisa juga dikatakan untuk membacanya sesuai yng Engkau sukai, ya Allah pencipta langit serta bumi yng memiliki keagungan, kemuliaan, serta kejayaan yng tak terbayangkan. Aku memohon kepada Engkau ya Allah, wahai Dzat yng Maha Pengasih, yang dengannya keagunganMu serta cahaya wajahMu, agar yang dengannya kitabmu Engkau menyinari pandanganku dengannya. Engkau fasihkan lidahku dengannya. Engkau bukakan hatiku. Serta dengannya, Engkau lapangkan dadaku, dan dengannya juga Engkau bersihkan badanku. Sebenarnya tak ada yng bisa menolongku kepada kebenaran kecuali Engkau. Tak ada daya serta kekuatan kecuali yang dengannya pertolongan Allah Yng Mahatinggi lagi Mahaagung.“
Lantas Nabi saw. Bersabda, „Wahai Ali, kerjakanlah ini selama tiga Jum'at, lima Jum'at, ataupun tujuh Jum'at. Insya Allah doamu akan dikabulkan Allah. Aku bersumpah yang dengannya namaNya yng menjadikan aku Nabi, bahwasanya doa setiap mukmin tak akan dibiarkan tanpa dikabulkan.“ Ibnu Abbas meriwayatkan bahwasanya sesudah lima ataupun tujuh Jum'at lantas, Ali r.a. datang kepada Rasulullah saw. Serta mengatakan, „Ya Rasulullah, dahulu saya menghafal tidak lebih dari empat ayat akan tetapi tak bisa lama dalam ingatan saya. Saat ini saya bisa menghafal empat puluh ayat serta saya mengingatnya yang dengannya gampang, seolah-olah Al Qur'an dibukakan di depan saya. Dahulu andai saya mendengar hadits dibacakan, lalu saya berupaya mengulanginya, akan tetapi Amat sulit bagi saya. Akan tetapi saat ini, andai saya mendengar hadits-hadits, lalu saya meriwayatkannya kepada orang lain, maka saya mampu melakukannya tanpa tertinggal satu huruf pun.“
Demikian posting di artikel ini ihwal doa sebelum ataupun menghadapi Ujian Nasional, mudah-mudahan para siswa diberi kemudahan dalam mengerjakan soal-soal UN serta memperoleh nilai yng memuaskan. Amin. (fb.Kumpulan Doa-Doa Mustajabah)

Source Article and Picture : khusus-doa.blogspot.com

Seputar Doa Menghadapi Ujian Nasional (UN) Agar Berhasil serta Lulus

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Doa Menghadapi Ujian Nasional (UN) Agar Berhasil serta Lulus